Sabtu, 28 November 2009

Intenet

Internet (Inter Connected-Network) merupakan Sekumpulan jaringan computer yag menghubungkan situs akademik, komersial, pemerintahan, komersial, organisasi, maupun perorangan. Internet mempunyai peranan sebagai sumber dan sara pertukaran Informasi. Internet di awasi oleh suatu set protocol yang menghubungkan dan mengamati lalu lintas jaringan. Protokol standar pada internet di kenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol).

Internet bermula dari ARPA-NET, untuk menghindari pemusatan informasi. Pada 1980, ARPA-NET di pecah menjadi 2, ARPA-NET dan MILINET. Jaringan ini mulai digunakan untu kepentingan Akademis. NSF-NET didirikan pada 1986, yang kemudian berkembang dan membubarkan ARPA-NET pada 1990. NSF-NET menghubungkan jaringan-jaringan internasional. Dulu, internet hanya menyediakan informasi berbasis teks. Samnpai 1990 ketikan WWW dikembangkan oleh CERN. Terobosan lain pada 1995 ketika Inter NIC didirikan. Kemudian penggunaan internet secara komersial di pelopori oleh Pizza Hut.

Layanan Internet meliputi komunikasi langsung (e-mail, chat), diskusi (Usenet News, email, milis), sumberdaya yang terdistribusi (World Wide Web, Ghoper), Remote login , lalu lintas file (Telnet, FTP), e-commerce, e-banking, e-learning, e-goverment, dan layanan lainnya.

Internet memiliki banyak manfaat, yaitu :
a. Sebagai sarana untuk mendapatkan dan menyampaikan informasi dengan cepat dan murah.
b. Mengurangi biaya kertas dan biaya distribusi. Sebagai media promosi.
c. Sebagai sarana komunikasi interaktif.
d. Sebagai sarana penelitian dan pengembangan.
e. Sebagai sarana untuk mempertukarkan data.

Tidak ada komentar: